Apakah Husky Cocok Buat Kita ?


Saat kecil saya menyukai acara dunia binatang terutama yang berkaitan dengan pengetahuan. Melihat bagaimana binatang berperilaku. Melihat bagaimana hukum rimba dan siklus hidup terjadi. Acara Nat Geo juga selalu menarik

Setelah saya mempunyai anak dan berlangganan televisi kabel, remote dikuasai oleh istri dan anak-anak. Saya ikut menikmati apa saja yang mereka tonton. Sampai akhirnya ada acara Dog 101 yang mengajarkan bahwa setiap jenis anjing memiliki karakter dan kebutuhan masing-masing, dan harus disesuaikan dengan apa yang kita miliki, misalnya apakah tempat tinggal kita di apartemen yang mungil, rumah di komplek perumahan yang memiliki banyak taman, ataupun rumah dengan halaman yang luas di pedesaan. Saat itu saya hanya menikmati acaranya sembari sekedar mengetahui perihal dunia guguk... Tidak ada niat ataupun rencana untuk memeliharanya.







Sampailah pada suatu saat diberitahu oleh istri dan anak-anak, bahwa mereka telah membayar seekor anjing jenis Siberian Husky dan tidak lama lagi akan datang.... Hahaha... Saya tidak mengerti apakah alasan mereka sampai akhirnya memilih seekor Siberian Husky... Saya rasa mereka tidak melakukan riset untuk mengetahui jenis anjing apakah yang sebenarnya cocok untuk mereka... Mungkin hanya sekedar bahwa seekor Siberian Husky cukup menarik saja....

Ya sudahlah... toh sudah dibeli... Sekarang tinggal saatnya belajar mengerti dan merawatnya, supaya si husky senang dan semua anggota keluarga kita juga senang, bukankah sebaiknya demikian ?


  • Seekor Siberian Husky punya energi yang luar biasa, anjing ini memerlukan waktu sekitar minimal satu jam untuk berjalan dan berlari setiap hatinya. Sekedar meluangkan waktu duduk di taman tidak cukup.
  • Husky suka memanjat dan menggali bilamana dibandingkan anjing jenis lain pada umumnya. Julukannya adalah an Escape Artist. Kita perlu pagar yang lebih tinggi dan sampai ke dalam tanah. Barangkali kita bisa melihatnya sebagai seekor kelinci dengan daya gali yang lebih besar.
  • Setelah husky berlari, dia hanya akan tidur beristirahat dan tidak akan bersemangat untuk bermain lagi. Bilamana anda ingin mengajaknya bermain, barangkali anda akan kecewa.
  • Husky menyukai semua orang, bahkan orang baru sekalipun, jadi tidak akan cocok sebagai penjaga rumah.
  • Saat anda sedang mengelus badannya, seekor husky bisa saja segera menjauh dari anda, lalu berjalan ke bagian ruangan lainnya dan duduk. Jika anda mudah tersinggung dengan perilaku ini, barangkali husky kurang cocok bagi anda.
  • Husky suka akan kucing dan burung. Makanan lezat. Barngkali itulah naluri bawaan dari sifat serigalanya... sang pemburu... istilahnya adalah High Prey Drive. Bilamana husky tidak dibesarkan bersama burung atau kucing, jangan percayakan kucing dan burung pada seekor husky.
  • Anda harus memaklumi bahwa bulu husky secara alami akan rontok dalam jumlah banyak, bisa setahun sekali atau dua kali dalam setahun. Bilamana anda tidak suka akan bulu yang bertebaran, barangkali husky juga tidak cocok bagi anda.
  • Husky adalah pengelana alami. Bilamana dia tidak benar-benar terlatih, jangan sekali-kali melepas talinya, dia bisa kabur kemana saja.
  • Husky juga seekor anjing yang kuat. Husky dapat menarik beban 4 sampai 5 kali dari berat badannya. Karena itu husky terkenal sebagai hewan untuk menarik kereta salju. Jadi... anda harus benar-benar kuat memegang talinya.
  • Siberian husky merupakan hewan yang pintar dan bukan hewan yang suka membahagiakan orang. Oleh karenanya husky lebih susah ditraining dibandingkan jenis Golden Retriever maupun German Shepherd.
  • Husky mempunyai kecenderungan memimpin. Jikalau anda tidak dapat mengendalikannya, maka anda yang akan dipimpinnya. Dia akan menyeret anda kemana saja dia mau ... apalagi dengan daya seretnya yang sampai 5 kali dari bobot badannya...
  • Husky mempunyai pencernaan yang sensitif. Makanan yang tercerna baik, menghasilkan kotoran yang kering dan tidak banyak. Makanan husky harus tetap dan teratur, bila tidak maka waktu buang kotoran tidak teratur dan kotorannya akan basah bahkan cenderung encer.
  • Husky bukan jenis anjing kecil yang dengan mudah anda masukkan ke tas jinjing dan dibawa masuk ke dalam pusat perbelanjaan...

Bilamana ada banyak hal di atas yang tidak anda sukai, barangkali anda harus mencari jenis anjing yang lainnya.

Seiring berjalannya waktu, kita bisa mencari sisi positif dari memiliki seekor Siberian husky, walaupun tidak sepenuhnya kita cocok memilikinya, minimal kita mencoba semaksimal mungkin dan menikmatinya. Salah satu hal yang positif adalah kita jadi lebih sering berjalan dan sedikit berlari, meskipun belum seperti saudara dan teman yang sudah banyak memiliki medali marathon 2.5 K, 5K, 10 K. Paling tidak 100 meter berlari kecil di pagi hari, kemudian berjalan lagi... demikian seterusnya dibanding sebelumnya yang tidak pernah sama sekali.

Husky yang tidak umum dimiliki orang, membuat orang menyukainya dan membuat kita lebih bersosialisasi dengan orang lain. Banyak orang yang tertarik dan ingin berfoto bersamanya.

Kesabaran anda juga terbentuk saat melatih seekor husky.


Bagaimana dengan anda ?
Salam...

Gunadi








Comments

Popular posts from this blog

Tragedi Curug Panjang, 5 February 2017, Berhati-Hatilah Bermain di Air Terjun

Bagaimana memasang hammock dan flysheet untuk menahan angin ?